Headlines News :
Selamat datang di Web Kompassindo , WEb ini Adalah pendukung website Surat Kabar Kompass Indonesia(Kompassindo.com) Alamat Redaksi : Jl.Hayam Wuruk No 120 Lt IV no 9 Jakarta Barat Alamat Sirkulasi : Jl.Meruya ilir Raya no 20 Kembangan Jakarta Barat, Terimakasih atas Dukungan semua pihak. ttd . Saneman Simanjuntak ( Pemred Kompass Indonesia ) Hubungi Redaksi :021-31727873 - 085310056466

Postingan Populer

Home » » Layanan BPJS Kesehatan perlu perbaiki sistem rujukan

Layanan BPJS Kesehatan perlu perbaiki sistem rujukan

Written By Kompassindo on Kamis, 13 Maret 2014 | 18.11








Ilustrasi - Kartu BPJS Kesehatan
Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan mendapatkan obat, bisa makan waktu sampai satu hari, karena harus ke sana-ke sini urus surat itu surat ini. Padahal biasanya hanya sebentar. 




Bandung ,Kompassindo
Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan dan rumah sakit dinilai perlu memperbaiki sistem dan alur rujukan sehingga lebih efektif serta sederhana.

"Rumah sakit tersier seperti Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), tidak pernah menolak pasien jaminan sosial, asalkan mengikuti alurnya terlebih dulu. Namun ke depan perlu ada upaya perbaikan sistem dan alur rujukan agar lebih mudah dan sederhana," kata Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Hasan Sadikin Bandung, Rudi Kurniadi, dalam diskusi Pandangan Unpad Terhadap BPJS, di Bandung, Selasa.

Menurut Rudi, alur yang harus dilalui sebelum masuk rumah sakit tersier, adalah meminta surat rujukan terlebih dulu ke puskesmas dan rumah sakit sekunder. Baru setelah itu pasien bisa menggunakan jaminan kesehatan dari BPJS.




Rudi menyatakan sistem rujukan tersebut harus segera diperbaiki oleh BJPS Kesehatan agar tidak ada pihak yang dirugikan.

"Hingga kini, RSHS memiliki piutang sebesar 47 miliar karena tidak pernah menolak pasien yang sebelumnya dinaungi oleh Jamkesda ketika meminta layanan kesehatan," kata Rudi.

Pandangan serupa diungkapkan oleh Ratu Dina Rahmawati, salah seorang peserta BPJS Kesehatan yang menyatakan alur pengurusan dan rujukan pasien perlu disederhanakan dan tidak berbelit dalam mengakses biaya pengobatan dan perawan yang disubsidi oleh pemerintah itu.

"Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan mendapatkan obat, bisa makan waktu sampai satu hari, karena harus ke sana-ke sini urus surat itu surat ini. Padahal biasanya hanya sebentar," kata Ratu Dina Rahmawati.(red-ant)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Jobs from Indeed
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Kompassindo - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template